Senin, 25 Februari 2008

KOCKIN ON HEAVEN'S DOOR


Knockin On Heaven's Door


Terbaring tak berdaya akibat sakit thypus bukanlah pilihan yang
menarik bagiku, tapi itulah yang menimpa diriku. Oya, namaku Dave,
temanku di geng Moonraker - Bandung menjulukiku "Dewa Vodka" sebab
aku percaya Vodka adalah sahabat setiaku, lebih dari seorang pacar,
lebih dari bokap en nyokap, lebih dari apapun pada saat itu bahkan
Tuhan.Memang aku bukan saja pecandu minuman beralkohol namun juga
mengkonsumsi obat2an daftar G , ganja dan teman2 sejenisnya. Namun
Vodka is the best bagiku. Vodka menjadi sumber sukacitaku,
pelarianku, inspirasiku,dll…dll.
Akibat kebiasaanku itulah aku terbaring di RS St. Borromeus Bandung,
di saat ultahku yang ke 21, aku berada di atas tempat tidur tak
berdaya. Beberapa hari sebelumnya di saat aku buang air besar,
kotoranku bercampur darah dan bagian "jeroan" tubuhku rasanya diiris-
iris serasa ada beling di dalam usus hingga aku menggeliat di dalam
toilet. Saat cek pada dokter, aku diharuskan masuk RS, sebab harus
total bed rest, akibat sakit thypus.Harus berdiam diri dan terbaring
di rumah sakit merupakan hal yang paling "boring" bagiku."Oh apa yang
harus kulakukan?"……baca buku?....dengar musik?....godain
suster?...becandain kepala suster yang gembrot en punya wajah killer
di ujung gang RS?
Di saat terbaring tak berdaya itulah, karena dirawat di rumah sakit
yang dikelola oleh gereja Katholik maka tiap pagi, aku mendengar
bunyi lonceng kapel gereja yang modelnya gothic banget....kulihat
para suster Katholik berjalan menuju kapel untuk berdoa. Aku
tersadar, aku sudah berjalan sangat jauh dari Tuhan, akibat
kekecewaan terhadap orangtua, Tuhan, gereja dan akumulasi luka2 dalam
hati sepanjang kehidupan ini...aku telah melangkah begitu
jauh....dosa2ku bejibun alias bertumpuk2 dan bila aku harus menebus
dosaku rasanya ga mungkin banget. Aku anak geng, hidupku
ngawur....sebelum itupun sejak usia 10 tahun aku sudah jadi budak
alkohol. Bagaimana mungkin Tuhan mau terima aku, aku sudah jadi budak
dosa selama ini en aku malah enjoy buat dosa? Aku tahu berada dalam
jalan yang salah tapi bagaimana aku bisa keluar? Apakah Tuhan mau
menerima aku yang penuh dosa dan ketidaksempurnaan ini?
Suatu hari masuklah salah satu anak muda yang terkena sakit yang sama
di kamarku, aku lupa namanya, yang aku ingat dia saat itu kuliah di
Universitas Parahyangan. Kita biasa becanda dan kalo ngobrol nyambung
berhubung sesama penggemar lagu2 cadas. Suatu hari dia menyetel lagu
lama Bob Dylan, yang saat itu dinyanyikan kembali oleh grup cadas
Gun's N Roses, Knockin On The heaven's Door. Saat tembang itu diputar
tiba2 hatiku tersentuh, dalam hatiku terbersit bila aku
mengetuk "pintu surga" maukah Tuhan membuka pintuNya bagiku?
Sebagai seorang anak geng, aku jenuh dengan kehidupanku, aku mencari
kedamaian tetapi aku tidak pernah sungguh2 mengalaminya dan
mendapatkannya dari Vodka atau narkoba, aku juga tidak mendapatkannya
dari cewe2ku atau dari persaudaraan dalam gengku, Moonraker. Malam
itu aku tertidur dengan sebuah tanda tanya, apakah Tuhan itu ada? Dan
kalau Dia ada maukah Ia menerima diriku ini?
Keesokan paginya, setelah diseka oleh suster, aku melihat keluar
jendela...mentari mengintip dari ufuk timur dan menyinari wajahku.
Aku merasa seolah2 pintu surga terbuka dan Tuhan berbicara bahwa Ia
menerimaku apa adanya.
Tuhan adalah sahabat para pendosa, Ia mengasihi kita semua, Ia benci
dosa bukan pendosa/pelaku dosa. Kalau kita mau datang pada Dia, maka
Ia akan tolong kita keluar dari jeratan dosa.
Aku telah ditolak oleh institusi gereja karena penampilanku yang
rocker abis, tetapi "for sure" Yesus ga pernah menolak aku. Sebab
manusia melihat yang tampak tetapi Tuhan melihat hati kita. Bajingan
atau bukan, tidak ditentukan dari penampilannya, tetapi dari hatinya.
Manusia dapat menolak kita tetapi Tuhan tidak pernah menolak setiap
pendosa yang datang memohon ampun dan pertolongan padaNya. Sebelum
kau mengetuk "pintu rumahNya", Ia sudah berlari mendapatkanmu dan
menyambutmu....menghujanimu dengan kasih karunia dan anugrahNya. Ini
pengalamanku bersama Dia, ketika aku masih berdosa dan tak
sempurna.....ketika aku jauh ketaatan.....Dia menjamahku lewat lagu
metal...kesukaanku, KNOCKIN ON THE HEAVEN'S DOOR. Dia menerimaku apa
adanya dan sejak saat itu aku mulai cinta ama Tuhan yang mau terima
diriku bukan jadi budaknya tetapi anakNya. Cool banget!

Tidak ada komentar: