Kamis, 25 April 2013

Pelayanan Kesehatan Tak Berjalan Bagi Orang Miskin

Satgas PA: Pelayanan Kesehatan Tak Berjalan Bagi Orang Miskin
19 Feb 2013 08:54:20 dari www.actual.co
Satgas PA: Pelayanan Kesehatan Tak Berjalan Bagi Orang Miskin
Ilustrasi (Foto:tataruangindonesia.com)
Jakarta, Aktual.co — Anggota Satgas Perlindungan Anak Ilma Sovri Yanti Ilyas mengatakan, seharusnya tidak ada diskriminasi dalam pelayanan kesehatan termasuk untuk orang miskin.

"Kasus Dera menjadi momentum bagi pemerintah untuk berbenah layanan kesehatan setelah kasus RI yang berujung dengan kematian karena lemahnya layanan puskesmas," kata Ilma Sovri Yanti di Jakarta, Selasa (19/1).

Dera Nur Anggraini, bayi yang lahir secara prematur meninggal dunia setelah sepekan berjuang melawan penyakitnya yaitu gangguan pernapasan karena ada kelainan pada kerongkongan.

Bayi tersebut terlambat mendapatkan perawatan dari rumah sakit. Menurut Eliyas Setya Nugroho, ayah Dera, ia telah berupaya merujuk Dera ke rumah sakit lain namun beberapa rumah sakit di Jakarta menolak dengan alasan penuh.

Dera yang lahir kembar akhirnya meninggal pada Sabtu (16/2) di Rumah Sakit Zahira tempat ia dilahirkan.

Ilma mengatakan, Satgas PA berduka atas meninggalnya Dera bayi kembar yang sempat ditolak oleh lima rumah sakit di Jakarta.

Sesuai penjelasan dari pemerintah bahwa yang mencari rujukan seharusnya rumah sakit, tapi ternyata orang tua korban harus keliling dari pintu ke pintu rumah sakit agar anaknya bisa dirawat.

"Dari proses yang terjadi, terlihat bahwa sistem pelayanan kesehatan tidak berjalan karena orang tua korban miskin," kata Ilma.

Tidak ada komentar: