Senin, 08 Desember 2014

Bandung Paling Banyak Jumlah Anak Jalanan

 

Bandung Paling Banyak Jumlah Anak Jalanan

Hedi Ardia 
Bisnis-jabar.com, CIMAHI--Dari sekian kota/kabupaten di Jabar, jumlah anak jalanan yang ada di Kota Bandung menjadi yang tertinggi mencapai 2.500 orang atau 44% permasalahan anak jalanan ada di ibu kota provinsi Jabar tersebut.
Kabid bantuan Perlindungan Sosial Dinsos Jabar Muhammad Nizar mengatakan di Jawa Barat terdapat sekitar 10.000 anak jalanan yang tersebar di empat daerah a.l Kota Bandung, Bogor, Cirebon dan Bekasi.
"Mayoritas atau 60% para anak jalanan ini bukan warga asli Bandung," kata Nizar saat ditemui di kantor Dinsos Jabar, Jalan Jend.Amir Machmud Kota Cimahi, Minggu (8/2/2014).
Mengenai hal ini, pihaknya mengaku sudah melaksanakan berbagai program agar anjal ini kembali ke rumah dan merasakan pendidikan dalam harmonisnya keluarga.
Akan tetapi, angka penurunannya belum signifikan. Mengurus manusia memerlukan proses yang panjang. Dan melibatkan semua pihak, termasuk pemerintah daerah kota dan kabupaten.
Selama ini dia melihat dengan mengambil satu sampel dari 14 kab/kota di Jabar, pemahaman yang masih berkembang bahwa permasalahan anjal ini hanya urusannya provinsi. Padahal, Kabupaten dan kota juga perlu bertanggungjawab.
Selain melibatkan pemerintah daerah tingkat dua tadi, pihaknya juga sudah mematangkan pilot project untuk menarik anak dari jalanan. Program itu juga menyiapkan para orang tua untuk memahami hidup dalam keluarga, sekolah, kesehatan. Sehingga para orang tua ini memahami peranannya sebagai orang tua.
"Program penanganan anjal ini sudah kami siapkan. Sebagai pilot project, kami bekerja sama dengan Pak Ridwan Kamil (wali kota Bandung) membina 250 anjal," ujarnya.(k6/fsi)
Editor : ardia

Tidak ada komentar: